Beranda > Basic > Apa itu Fraud?

Apa itu Fraud?


Pada dasarnya, ada dua cara yang umum dipakai oleh para pelaku kejahatan dalam melancarkan aksinya. Yang pertama adalah pemaksaan secara fisik terhadap pihak lain (menggunakan senjata api, senjata tajam, atau kekerasan), dan yang kedua adalah secara non-fisik seperti penipuan atau manipulasi aset dan harta kekayaan dari suatu instansi, bisnis, industri, atau perseorangan. Cara yang kedua inilah yang secara sederhana diartikan sebagai tindak pidana Fraud.

Wikipedia mengartikan Fraud sebagai berikut:

“In the broadest sense, a fraud is an intentional deception made for personal gain or to damage another individual.”

“Dalam pengertian luas, Fraud adalah suatu bentuk penipuan yang disengaja/direncakan demi keuntungan dan kemakmuran pribadi/perseorangan atau untuk merusak/mengganggu kehidupan dan kekayaan orang lain.”

Kata “deception” atau “penipuan” adalah kata kunci untuk mendefinisikan Fraud. Perlu diketahui bahwa Fraud SELALU melibatkan penipuan dan kepercayaan. Satu hal yang perlu dicamkan adalah “orang yang paling dipercaya adalah orang yang memiliki peluang paling besar untuk melakukan penipuan kepada Anda.” Mengapa? Ketika Anda percaya kepada seseorang, apakah Anda berprasangka buruk terhadap orang tersebut? Tidak. Nah, bagi orang kepercayaan yang tidak pantas dipercaya akan memanfaatkan kepercayaan Anda untuk menutupi dan melancarkan aksi kejahatan mereka. Trus, apakah tidak boleh mempercayai orang lain? Boleh, tapi yakinkan bahwa kepercayaan Anda ada pada orang yang tepat. Kuncinya adalah: Jangan gampang percaya!

Dari sekian banyak definisi formal tentang Fraud, mungkin yang paling cocok kita jadikan pedoman adalah:

Fraud is a generic term, and embraces all the multifarious means which human ingenuity can devise, which are resorted to by one individual, to get an advantage over another by false representations. No definite and invariable rule can be laid down as a general proposition in defining fraud, as it includes surprise, trickery, cunning, and unfair ways by which another is cheated. The only boundaries defining it are those which limit human knavery.

Fraud adalah sebuah istilah umum dan luas, serta mencakup semua bentuk kelicikan/tipu daya  manusia , yang dipaksakan oleh satu orang, untuk mendapatkan keuntungan lebih dari yang lain dengan memberikan keterangan-keterangan palsu dan telah dimanipulasi. Tidak ada ketentuan dan keharusan untuak menyeragamkan definisi dari Fraud itu sendiri. Fraud juga mengandung pengertian sebagai kejutan, tipuan,kelicikan, dan cara-cara yang tidak sah terhadap pihak yang ditipu. Batasan pendefinisian Fraud adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan ketidakjujuran manusia.

*Penerjemahan yang disesuaikan.

WikiFraud Pictures

Selanjutnya, Fraud adalah bentuk penipuan yang memiliki kriteria sebagai berikut:

1. Sebuah representasi (keterwakilan, perwakilan; contoh: dokumen, laporan keuangan, dsb)

2. tentang suatu materi (benda, aset, uang- segala hal yang memiliki nilai)

3. yang salah dan dimanipulasi

4. secara sengaja atau direncanakan

5. yang dipercayai (digunakan)

6. serta dijadikan pedoman dalam pengambilan suatu keputusan atau kebijakan oleh “korban”

7. sehingga merusak dan mengganggu kehidupan, aset, atau properti si “korban.”

Fraud memang sebuah kesalahan layaknya kesalahan dalam menekan keyboard dalam membuat laporan keuangan atau yang biasa kita sebut kecerobohan atau kekhilafan. Namun yang membedakan antara Fraud dan kecerobohan biasa adalah NIAT atau kesengajaan dalam melakukan kesalahan untuk kepentingan dan keuntungan pribadi atau kelompok tertentu.

Sampai disini, Anda sudah mengetahui definisi Fraud dan cara membedakannya dengan tindak pidana lainnya.

Protected by Copyscape Original Content Checker

Kategori:Basic
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: