Beranda > ACFE > Certified Fraud Examiner (CFE)

Certified Fraud Examiner (CFE)


Apakah Certified Fraud Examiners?

Seorang Certified Fraud Examiner (CFE) adalah seorang pemimpin dalam komunitas anti-fraud yang dikenali sebagai spesialis dalam mencegah dan memberantas fraud. CFE merepresentasikan standar yang paling tinggi yang dimiliki ACFE dan memiliki keahlian dalam semua aspek dari profesi anti-fraud. Standar CFE di tentukan oleh ACFE Board of Regents, suatu dewan yang dipilih oleh para anggota CFE dari anggota kami yang paling berpengalaman.

Kredensial atau sebutan dan pengakuan sebagai Certified Fraud Examiner (CFE) merupakan pembuktian pengetahuan dan pengalaman pemegang kredensial tsb sebagai seorang profesional di bidang anti-fraud. Dengan memperoleh CFE, anda harus menunjukkan kompetensi dan komitmen profesional yang membedakan diri anda dari teman-teman sekitar yang belum memiliki sertifikasi, dan anda mendapat kredibilitas dan visibilitas profesional dari pemberi kerja

Apakah kredensial CFE diakui secara global?

Para pemberi kerja di seluruh dunia saat ini mengetahui nilai dari CFE dan mereka mencari ahli-ahli yang memiliki CFE. Menjadi seorang CFE akan memberikan anda sesuatu kekuatan untuk pilihan-pilihan karir dan memisahkan anda dari persaingan karir dan membawa anda ke posisi puncak profesi anda. ACFE melengkapi anda dengan sumber daya yang dibutuhkan untuk memerangi fraud.

  • Menurut survey 2010/2011 Compensation Guide for Anti-Fraud Professionals, para CFE memperoleh penghasilan hampir 22% lebih tinggi dari pada rekan kerja yang bukan CFE
  • “CFE telah tumbuh menjadi standar emas di area anti fraud,”kata perusahaan pencari eksekutif A.E. Feldman.
  • Studi terbaru oleh Robert Half International mengidentifikasi CFE sebagai sedang dibutuhkan atau “in-demand” dan terdaftar sebagai “one of the most marketable credentials today.”
  • Kredensial CFE diakui pada kebijakan pengangkatan dan promosi di organisasi terkemuka seperti FBI, U.S. Department of Defense, dan U.S. Securities and Exchange Commission (SEC).

Hal yang sama juga terjadi di Indonesia, organisasi terkemuka di sektor publik dan swasta seperti Komisi Pemberantasan Korupsi, Badan Pemeriksa Keuangan, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan, dan Kementerian Keuangan, serta beberapa perusahaan swasta besar terkemuka mencari dan mempekerjakan CFE serta mendidik pegawainya untuk dipromosikan menjadi CFE

Apakah ada badan lain yang menyelenggarakan sertifikasi CFE?

Tidak.  Penyelenggaraan Ujian dan sertifikasi CFE hanya dilakukan oleh ACFE Head Quarter. Ujian dan sertifikasi CFE tidak diselenggarakan oleh ACFE – Indonesia Chapter

Saya telah memiliki sertifikasi lainnya. Apakah ini berarti saya berkualifikasi sebagai CFE?

Certified Fraud Examiner (CFE) adalah kredensial unik dengan persyaratan dan standarnya sendiri. Sertifikasi lainnya yang anda miliki, jika diakui oleh ACFE akan dianggap sebagai bagian dari system point kualifikasi tetapi tidak akan membebaskan anda dari bagian manapun dari ujian CFE atau secara otomatis menjadikan anda CFE.

Bagaimana saya mengetahui apakah saya cocok untuk menjadi CFE?

Kualifikasi untuk menjadi CFE mencakup karakter moral yang tinggi dan  memenuhi persyaratan professional dan akademis minimum. Sebelum anda mendaftarkan diri untuk ujian CFE, anda harus memenuhi kebutuhan berikut:

  • Menjadi associate member ACFE dengan posisi yang baik.
  • Memenuhi persyaratan minimum akademis dan professional.
  • Memiliki karakter moral yang tinggi.
  • Setuju untuk mengikuti peraturan dan kode etik professional dari Association of Certified Fraud Examiners

Persyaratan akademis

Pada dasarnya, untuk mengikuti sertifikasi CFE Anda harus memiliki pendidikan setingkat sarjana (atau setara) dari institusi pendidikan lanjut. Jika anda bukan sarjana, anda dapat mensubstitusikan tiap tahun studi akademis dengan pengalaman professional yang berhubungan fraud selama dua tahun.

Contohnya, jika anda menyelesaikan diploma dalam dua tahun, anda membutuhkan enam tahun pengalaman professional agar dapat memenuhi syarat sertifikasi CFE setelah menyelesaikan ujian.

Persyaratan karakter

Untuk mempertahankan standar tinggi yang dipegang oleh ACFE dan memastikan integritas kredensial CFE, sangatlah penting untuk memastikan semua kandidat memiliki karakter moral yang baik yang akan menjadi tambahan kuat terhadap profesi CFE. Semua CFE Candidate Recommendation Forms harus ditulis dalam bahasa Inggris atau diterjemahkan ke bahasa Inggris. Formulir ini harus diisi oleh sesorang yang telah bekerja dengan kandidat dalam kapasitas professional.

Persyaratan Professional

Pada saat anda menerima sertifikasi, anda harus memiliki paling tidak dua tahun pengalaman secara langsung atau tidak langsung di bidang deteksi atau pencegahan fraud.

Pengalaman yang berhubungan dengan fraud berarti anda telah bekerja full-time dalam posisi yang berkontribusi terhadap pencegahan, deteksi atau antisipiasi fraud. Bidang yang berhubungan dengan fraud ditetapkan oleh The Board of Regents adalah:

  • Akuntansi dan Auditing: Anda dapat diterima jika anda memiliki pengalaman sebagai akuntan atau auditor (internal atau external auditor) dan memiliki tanggung jawab untuk mendeteksi dan membuat jera fraud dengan mengevaluasi kelemahan sistim akountansi, mendesain sistim pengendalian intern (internal control), menentukan tingkat resiko fraud di organisasi, menginterpretasikan data finansial untuk mendeteksi unusual trend dan menindaklanjuti indicator fraud.
  • Kriminologi dan Sosiologi: Anda dapat diterima jika anda adalah professional dengan latar belakang pendidikan dan penelitian fraud dan white-collar crime dengan dimensi sosiologi atau kriminologi
  • Investigasi Fraud: Anda dapat diterima jika anda memiliki pengalaman investigasi baik fraud yang bersifat civil (perdata) atau kriminal, atau white-collar crime di lembaga penegak hokum (law enforcement agency) atau di organisasi swasta ,
  • Loss Prevention: Anda dapat diterima jika anda berhubungan dengan masalah pencegahan kerugian atau kehilangan (loss prevention) termasuk Konsultan pengamanan (Security) yang berhubungan dengan fraud.
  • Hukum: kandidat yang memiliki pengelaman hokum dapat diterima yang dibuktikan dengan pengalaman terkait fraud. Contoh: Jaksa, penasehat hukum, litigator fraud.

Jika pengalaman anda tidak jatuh pada empat kateori di atas tetapi tanggung jawab anda mencakaup deteksi, investigasi, atau penjeraan fraud, anda bisa mengirimkan aplikasi dan fee bersama dengan rincian latar belakang anda.

Saya ingin mendapatkan sertifikasi CFE tetapi tidak memiliki pengalaman dua tahun. Apakah saya tetap bisa mengambil ujian ini?

Ya, anda dapat belajar untuk dan mengambil CFE Exam bahkan ketika anda tidak memiliki dua tahun pengalaman, selama anda mencapai poin minimal 40 di CFE eligibility point system. Tetapi, perlu diperhatikan bahwa anda tidak akan tersertifikasi penuh sampai anda mencapai dua tahun pengalaman yang berhubungan langsung atau tidak langsung dengan fraud.

Sumber: ACFE Indonesia http://www.acfe-indonesia.com

Kategori:ACFE
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: